Beranda » Blog » Pentingnya Alat Peraga Edukasi Anak di Era New Normal

Pentingnya Alat Peraga Edukasi Anak di Era New Normal

Diposting pada 13 January 2022 oleh permainanedukasi / Dilihat: 148 kali

Pentingnya Alat Peraga Edukasi Anak di Era New Normal

Pentingnya Alat Peraga Edukasi Anak di Era New Normal –  Anak dan bermain merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Bermain adalah sebuah aktivitas yang dilakukan atas kehendak sendiri, tanpa paksaan dan dapat memberikan kesenangan dan menciptakan atmosfer yang menyenangkan bagi anak-anak. Dalam dunia anak, khususnya anak kecil, aktivitas bermain merupakan sarana untuk belajar berbagai hal mengenai kehidupan sehari-hari. Pada saat bermain, anak berinteraksi dengan lingkungan sosialnya sehingga anak-anak dapat mengenal dan berlatih untuk menghargai orang lain. Rogers & Sawyer’s (Iswinarti, 2010:6) mengemukakan bahwa hingga pada anak usia sekolah bermain bagi anak memiliki arti yang sangat penting. Adapun nilai-nilai penting dalam bermain bagi anak, yaitu meningkatkan kemampuan problem solving pada anak, menstimulasi perkembangan bahasa dan kemampuan verbal, mengembangkan keterampilan sosial dan sebagai wadah pengekspresian emosi.

Jika orang dewasa mampu memperoleh ilmu secara mandiri, maka berbeda dengan anak-anak. Para guru dan para orang tua membutuhkan media atau alat peraga agar anak-anak mampu belajar dengan maksimal. Mengingat anak-anak memiliki fokus atau kemampuan berkonsentrasi yang rendah jika dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh sebab itu,  perlu perencanaan yang matang dan media berupa alat permainan edukatif guna menunjang pelaksanaan proses belajar yang menyenangkan dan berjalan secara optimal.

Menurut Suryadi (2007), bahwa alat permainan edukatif adalah alat yang dirancang khusus sebagai alat untuk bantu belajar dan dapat mengoptimalkan perkembangan anak, disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangannya. Sedangkan menurut Tedjasaputra (2001) pengertian alat permainan adalah semua alat yang digunakan anak untuk memenuhi naluri bermainnya, sedangkan alat permainan edukatif adalah alat permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif ( APE) adalah media belajar yang berwujud mainan, yang dirancang secara khusus untuk membantu mengembangkan proses perkembangan belajar  anak secara maksimal.

Baca Juga : Tips Memilih Kontraktor Waterboom

Berdasarkan uraian diatas, apa saja sih manfaat yang diperoleh para guru, para orang tua, dan juga anak-anak dari alat permaianan edukatif (APE)? alat permainan edukatif (APE) sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa, berpikir, serta bergaul dengan lingkungan. Menurut Suryadi (2007), bahwa manfaat mainan edukatif diantaranya  melatih kemampuan motorik, melatih konsentrasi, melatih bahasa dan wawasan, dan mengenalkan warna dan bentuk.

Memanfaatkan Alat Peraga Edukasi Anak di Era New Normal

Pada tanggal 2 maret 2020, covid 19 masuk di Indonesia. Adanya pandemi covid 19 ini menggemparkan semua penduduk pribumi bahkan seluruh dunia. Hingga hari ini, jumlah korban dari virus ini semakin meningkat karena menyebar secara masif diseluruh belahan dunia. Berdasarkan data worldmeters korban covid 19 berjumlah 2 36.991.904 kasus  ( Kompas 7 oktober 2021). Selain jumlah korban yang semakin meningkat, banyak sektor yang tak luput terdampak dengan datangnya pandemi ini. Sektor-sektor itu seperti sektor pariwisata, sektor manufakter, sektor perekonomian, sektor  pendidikan, dan juga sektor pangan.

Dalam sektor pendidikan, para guru, murid, dan orang tua mau tidak mau harus mengikuti perubahaan dalam proses belajar mengajar. Jika sebelum adanya covid 19 proses pembelajaran dilakukan secara offline, dimana guru dan murid dapat saling bertatap muka dengan berada di ruangan  yang sama tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Namun dengan adanya covid 19,  para guru dan orang tua mau tidak mau harus mengikuti peraturan proses pembelajaran yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud pada 16 maret 2020. Proses pembelajaran itu dilaksanakan secara daring atau disebut pembelajaran jarak jauh guna mengurangi pelonjakan penyebaran virus covid 19. Ada banyak keluhan dari proses belajar mengajar secara offline. Keluhan datang tidak hanya dari para murid namun para orang tua juga ikut kewalahan ketika anak-anaknya belajar dirumah. Para murid mengeluh belajar secara daring menimbulkan penumpukan tugas, kurangnya interaksi antara guru dan murid, berkurangnya pengawasan dalam belajar yang berdampak pada menurunya fokus para pelajar yang acapkali menimbuklan penundaan waktu belajar. Selain itu, momok terbesar dari pembelajaran daring yaitu keterbatasan akses internet khususnya bagi pelajar yang tinggal di pelosok negeri.

Tidak hanya para murid yang mengeluhkan pembelajaran jarak jauh ini, para orang tua juga ikut kewalahan karena orang tua menjadi rujukan informasi ketika anak-anak tidak memahami tugas yang diberikan oleh guru. Selain itu, para orang tua juga memiliki keterbatasan waktu dalam mendampingi anak-anak mereka dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh ini mengingat orang tua  harus bekerja guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah mulai melonggarkan pembatasan kegiatan dengan istilah new normal. Nyatanya, berlama-lama tinggal dirumah tidak bisa diterapkan terus menerus. Banyak masyarakat yang harus keluar rumah untuk bekerja guna memenuhi kebutuhan sehari – hari dan menjaga kestabilan perekonomian keluarga. Sebenarnya apa itu new normal? Wiku Adisasmita, ketua tim pakar tugas percepatan Penangan Covid 19 mengatakan bahwa new normal adalah sebuah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penukaran covid 19. Dengan adanya new normal aktivitas umum yang biasa kita lakukan seperti bersekolah dan bekerja dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Menjaga jarak, memakai masker, menggunakan  hand sinitizer atau mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki tempat-tempat umum akan menjadi sebuah kebiasaan yang harus selalu kita lakukan di era new normal ini guna membentengi diri dari terpaparnya virus covid 19.

Di era new normal ini, kami Permainanedukasi.net sebuah produsen permainan anak  mendukung adanya pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang mulai dilaksanakan di sekolah-sekolah. Untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar, fasilatas alat peraga edukasi anak menjadi suatu kebutuhan yang penting untuk menujang terwujudnya proses pembelajaran yang maksimal. Seperti yang sudah dijabarkan diatas, bahwa ada banyak manfaat dari mainan edukatif sehingga mendorong kami untuk menciptakan alat peraga edukasi anak guna mendukung terciptanya generasi anak bangsa yang cemerlang.

Macam – macam Alat Peraga Yang Kami Produksi

Sebenarnya apa saja sih alat peraga permainan edukasi  (APE ) yang diproduksi oleh kami? Ada banyak produk yang telah diproduksi oleh Permainanedukasi.net seperti ayunan, jungkat-jungkit, terowongan fiber, jembatan goyang, perosotan anak fiberglass, playground anak fiberglass, playground kolam renang, sepeda air fiberglass, patung dan maskot fiberglass, dan masih banyak lagi.

Mungkin masih banyak dari kita yang belum tahu apa itu material fiberglass dan juga keuntungan dari bahan materil ini. Fiberglass adalah sebuah penggabungan bahan filamen kaca yang sangat tipis dengan campuran koposisi resin, umumnya poliester. Keunggulan fiberglass sendiri yaitu materil ini bersifat ringan, tahan lama dan juga kuat. Selain itu, kelebihan lain dari materil fiberglass yaitu materil ini tahan akan benturan, tahan korosi atau karat yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan, dan memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang sedang. Selanjutnya, materil fiberglass bersifat fleksibel. Mengapa bersifat fleksibel? Materil fiberglass sangat mudah dibentuk menjadi berbagai macam benda seperti perabotan rumah tangga maupun barang-barang industri. Materil fiberglass ini banyak juga digunakan untuk produk penerbangan dan antariksa seperti pembuatan engine cowlings, storage bins dll. Untuk produk otomitif materil fiberglass digunakan dalam pembuatan  komponen pengganti body kit, bahan fiberglass sebagai properti pembuatan kapal dan kelautan, untuk benda elektronik bahan fiberglass biasa dipakai dalam pembuatan sirkuit  (PCB)  dalam pembuatan TV, radio, ponsel, dan juga komputer. Tidak hanya itu, materi fiberglass juga berfungsi dalam dunia medis. Materi fiberglass digunakan dalam pembuatan penutup instrument enclousers to X-ray beds.   Dengan beragamnya keunggulan dari bahan materil fiberglass, tidak heran mengapa kami memilih materil fiberlass sebagai bahan dasar dalam produk-produk seperti mainan alat peraga edukasi yang kami produksi. Permainanedukasi.net sangat memikirkan dan menomorsatukan kualitas dari produk yang kami ciptakan agar selalu aman, dan tahan lama. Sehingga kepuasan dari konsumen menjadi hal yang kami utamakan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Pentingnya Alat Peraga Edukasi Anak di Era New Normal

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Pentingnya Alat Peraga Edukasi Anak di Era New Normal

Sidebar

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Icha
● online
Icha
● online
Halo, perkenalkan saya Icha
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja